ABSTRAK SKRIPSI


ABSTRAK



RATNA PUSPITA. Upaya Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Kelas VIII SMP Muhammadiyah Salam. Skripsi. Yogyakarta. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta. Juli 2014.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Salam.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif. Objek dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran matematika di kelas VIII SMP Muhammadiyah Salam. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Salam. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I terdiri dari tiga kali pertemuan dan siklus II terdiri dari tiga kali pertemuan. Pada setiap akhir siklus diadakan tes siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa lembar observasi, tes, angket dan wawancara terhadap guru dan siswa.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Salam. Hal ini ditandai dengan (1) Meningkatkan motivasi belajar siswa dengan presentase sebesar 69,24% (kualifikasi cukup) pada siklus I, dan presentase motivasi belajar siswa menjadi 75,34% (kualifikasi tinggi) pada siklus II; (2) Rata-rata kelas sebesar 52,67 pada siklus I dengan ketuntasan 18,18%, menjadi nilai rata-rata kelas sebesar 74,92 dengan ketuntasan sebesar 78,78% pada siklus II.


Kata kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL), motivasi belajar, prestasi belajar

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Koordinat Kartesius - Posisi Titik Terhadap Titik dan Garis : Kelas VIII Matematika MTs Muhammadiyah 1 Muntilan

Once Again [OST. Descendants of the Sun] - Mad Clown (Feat. Kim Na Young)