ABSTRAK SKRIPSI
ABSTRAK
RATNA PUSPITA. Upaya Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika
Siswa Melalui Pendekatan Contextual
Teaching and Learning (CTL) Kelas VIII SMP Muhammadiyah Salam. Skripsi.
Yogyakarta. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta.
Juli 2014.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
motivasi dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan
pendekatan Contextual Teaching and
Learning (CTL) pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Salam.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas
(PTK) yang dilakukan secara kolaboratif. Objek dalam penelitian ini adalah
proses pembelajaran matematika di kelas VIII SMP Muhammadiyah Salam. Subjek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Salam. Penelitian
ini dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I terdiri dari tiga kali pertemuan
dan siklus II terdiri dari tiga kali pertemuan. Pada setiap akhir siklus
diadakan tes siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa lembar
observasi, tes, angket dan wawancara terhadap guru dan siswa.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan
bahwa pendekatan pembelajaran Contextual
Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan motivasi dan prestasi
belajar siswa pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Salam. Hal ini ditandai
dengan (1) Meningkatkan motivasi belajar siswa dengan presentase sebesar 69,24%
(kualifikasi cukup) pada siklus I, dan presentase motivasi belajar siswa
menjadi 75,34% (kualifikasi tinggi) pada siklus II; (2) Rata-rata kelas sebesar
52,67 pada siklus I dengan ketuntasan 18,18%, menjadi nilai rata-rata kelas
sebesar 74,92 dengan ketuntasan sebesar 78,78% pada siklus II.
Kata kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL), motivasi belajar, prestasi belajar
Komentar