Tips Belajar : Cara Memahami Permasalahan Logaritma
Menyederhanakan dan menghitung nilai suatu logaritma dengan diketahui nilai beberapa logaritma.
Untuk
menyelesaikan kedua jenis permasalahan tersebut, pertama kita harus
tau sifat2 logaritma, dan menurut ku mengingatnya bukanlah hal yg
terlalu rumit. Misal:
1. dapat diingat dengan bahwa kalau ditambahkan jadi dikalikan.
2. dapat diingat dengan kalau dikurang jadi dibagi.
3. dapat diingat dengan pangkat DEPAN maju jadi DI BAWAH, dan pangkat BELAKANG maju jadi DI ATAS. Atas menunjukkan pembilang dan bawah menunjukkan penyebut.
4. dapat diingat dengan belakang jadi logaritma di atas dan depan jadi logaritma di bawah, dan p menyesuaikan dengan soal.
5. dapat diingat dengan logaritma kalau mau dibalik ya se-per-nya.
Untuk sifat yang pertama ini seharusnya semua siswa SMA sudah bisa. Misal
. Hal ini juga berlaku sebaliknya, yaitu . Ingat bahwa semua sifat itu berlaku sebaliknya.
Oke, sekarang masuk ke tahap pengerjaan.
Kedua permasalahan tersebut, langkah pertama untuk menyelesaikannya adalah MEMBUAT SEMUA BILANGANNYA MENJADI BILANGAN BERPANGKAT. Misal kita buat menjadi
Kemudian dengan menggunakan sifat 3, pangkatnya kita ‘majukan’, sehingga diperoleh
Apabila ada bilangan yang tidak bisa dipangkatkan, UBAH MENJADI BENTUK PERKALIAN. Misal kita ubah menjadi
Kemudian, karena kalau tambah jadi kali maka kali jadi tambah. Sehingga Dan selanjutnya, dengan sifat 3, diperoleh 2.
Tetapi, jika bilangan didepan tidak bisa dipangkatkan, misalmaka kita tetap jadikan bentuk perkalian, yaitu
Kemudian, kita gunakan sifat 4, sehingga diperoleh dengan nilai p yang nanti akan kita ganti sesuai dengan ‘kebutuhan soal’.
Selajutnya, dengan sifat 1 dan 3 diperoleh
Itulah dasar-dasar dalam mengerjakan permasalahan logaritma.
Sumber Copy Paste
1. dapat diingat dengan bahwa kalau ditambahkan jadi dikalikan.
2. dapat diingat dengan kalau dikurang jadi dibagi.
3. dapat diingat dengan pangkat DEPAN maju jadi DI BAWAH, dan pangkat BELAKANG maju jadi DI ATAS. Atas menunjukkan pembilang dan bawah menunjukkan penyebut.
4. dapat diingat dengan belakang jadi logaritma di atas dan depan jadi logaritma di bawah, dan p menyesuaikan dengan soal.
5. dapat diingat dengan logaritma kalau mau dibalik ya se-per-nya.
Untuk sifat yang pertama ini seharusnya semua siswa SMA sudah bisa. Misal
. Hal ini juga berlaku sebaliknya, yaitu . Ingat bahwa semua sifat itu berlaku sebaliknya.
Oke, sekarang masuk ke tahap pengerjaan.
Kedua permasalahan tersebut, langkah pertama untuk menyelesaikannya adalah MEMBUAT SEMUA BILANGANNYA MENJADI BILANGAN BERPANGKAT. Misal kita buat menjadi
Kemudian dengan menggunakan sifat 3, pangkatnya kita ‘majukan’, sehingga diperoleh
Apabila ada bilangan yang tidak bisa dipangkatkan, UBAH MENJADI BENTUK PERKALIAN. Misal kita ubah menjadi
Kemudian, karena kalau tambah jadi kali maka kali jadi tambah. Sehingga Dan selanjutnya, dengan sifat 3, diperoleh 2.
Tetapi, jika bilangan didepan tidak bisa dipangkatkan, misalmaka kita tetap jadikan bentuk perkalian, yaitu
Kemudian, kita gunakan sifat 4, sehingga diperoleh dengan nilai p yang nanti akan kita ganti sesuai dengan ‘kebutuhan soal’.
Selajutnya, dengan sifat 1 dan 3 diperoleh
Itulah dasar-dasar dalam mengerjakan permasalahan logaritma.
Komentar