Cara membalas jasa Orang Tua "Ortu"

Seorang anak terkadang bertanya bagaimana cara membalas jasa kedua orang tuanya. Sayangnya jasa orang tua kita tidak akan pernah bisa terbalaskan. Walaupun kita sebagai anak menghadiahkan gunung emas untuk membalas semua jasa orang tua, maka hal itu tidak akan pernah cukup.

Sebesar apapun bakti kita kepada kedua orang tua, tidak akan pernah sama dengan apa pun yang pernah mereka berikan kepada kita. Setulus apapun kasih kita kepada mereka, tidak akan pernah meyamai tulusnya cinta mereka kepada kita. Mereka tidak pernah mengharapkan balasan atas apa yang mereka berikan. Mereka hanya menginginkan kebahagiaan untuk kita.

Hal-hal yang bisa kita lakukan dalam berbakti kepada kedua orang tua adalah dengan bersikap lemah lembut kepada mereka, tidak membentak mereka, tidak mengecewakan mereka, dan menjalani kehidupan sesuai dengan harapan mereka. Jadilah orang besar yang dicita-citakan oleh ibu bapak kita. Tidak mungkin orang tua mengharapkan keburukan untuk anaknya. Tentunya mereka ingin kita menjadi orang yang besar, sekolah yang tinggi, dan menjadi orang yang sejahtera.

Apa yang kita lakukan terhadap orang tua tentu nantinya akan ditiru oleh anak-anak kita juga. Bila kita melakukan hal yang baik terhadap orang tua, maka anak-anak kitapun akan berbuat baik kepada kita.

Dan jangan lupa, kita juga harus berhati-hati terhadap doa orang tua, karena doa yang paling mustajab adalah doa orang tua. Doa orang tua entah yang baik maupun yang buruk sangatlah mudah menjadi kenyataan. Banyak sekali kisah anak durhaka di dunia ini, yang akhirnya hidup sengsara karena doa orang tua. Walaupun demikian karena besarnya kasih sayang orang tua, tidak peduli anaknya salah atau benar, mereka biasanya akan tetap memaafkannya. Sakit hati orang tua akan sirna dalam waktu yang sebentar, karena pada dasarnya mereka adalah pemaaf kepada anaknya.

Dalam hal apapun, ketika kita akan melakukan apapun, doa dan restu orang tua juga sangat penting. Mintalah maaf kepada mereka walaupun mereka selalu memaafkan tanpa diminta. Buatlah mereka tersenyum bangga karena kita bisa mewujudkan harapan-harapan mereka dengan baik. Tidak ada satu kalimatpun yang mampu melukiskan ketulusan hati orang tua karena memang tidak bisa digambarkan. Kasih sayangnya hanya bisa dirasakan.

Sumber: http://tinyurl.com/belajarhidupbahagia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Koordinat Kartesius - Posisi Titik Terhadap Titik dan Garis : Kelas VIII Matematika MTs Muhammadiyah 1 Muntilan

Once Again [OST. Descendants of the Sun] - Mad Clown (Feat. Kim Na Young)